Proposalansia

Proposalansia

Pendahuluan

Pogostemon Cablin Benth dari Sumatera dan Jawa memiliki mutu Internasional dan seberapapun stock yang ada pasti habis dibabat pasar apalagi jika ditunjang dengan mutu yang baik sesuai permintaan pasar.

Pogostemon Cablin Benth atau Nilam dan oleh simbah disebut sebagai godong dilem ini merupakan bahan minyak atsiri essential oil yang sangat dibutuhkan dunia untuk bahan pengikat wewangian dan obat serta cosmetic.

Minyak Nilam diperoleh dari penyulingan daun batang dan akar tanaman nilam. Ada jenis  Sidikalang, Tapak tuan dan Balitro yang sangat baik di budidayakan untuk Jawa dan Sumatera. Harga minyak nilam dunia sejak tahun 1977 sampai dengan 2018 tidak  pernah berada dibawah RP 800.000,- per kgnya. Bahkan pernah mencapai Rp. 1.800.000,- per kg/liter.

Berdasarkan pengalaman penulis, proposal ini dibuat untuk membudidayakan tanaman nilam dan penyulingannya diatas lahan 1000 meter persegi milik Rumah Singgah Lansia Ibu Ellisabeth di desa Debegan RT01 RW03, Mojosongo, Jebres, Solo Jawa Tengah, sebagai upaya peningkatan kegiatan para lansia yang tinggal di Rumah Singgah ini sembari berolahraga glatuk glatuk jalaran pancen yo wis tua.

Disamping budidaya tanaman nilam dan penyulingannya, lahan selebihnya digunakan untuk tumpangsari tanaman kates, ketela pohon, cabe, mawar, melati, kenanga dll yang akan dimanfaatkan untuk sawang sawangan dengan aromatherapy.

Proposal ini dibuat dan disampaikan kepada saudara dan rekan peduli sesama agar jika ada perkenan dapat membantu mewujudkan visi misi kami menjadi lansia yang tangguh damai sejahtera maju dan bahagia.

Bantuan yang kami harapkan adalah pupuk, bibit, peralatan dan segala sesuatu yang dapat menunjang terwujudnya impian kami para lansia beserta pembina kami.

Kebutuhan investasi

Persiapan lahan saat ini kami membutuhkan alat pertanian berupa cangkul, arit, wangkil, ember, kikir, batu asahan, garuk garpu, skop, Gunting besar untuk pemanen batang nilam dll. Persiapan pupuk Pupuk kandang, EM4, TSP, Gandasil A, Gandasil D, Gula, dll

Persiapan bibit saat ini sudah mendapat bantuan dari Pak ari sebanyak 100 polybag dan kurang 3900 polybag lagi. Harga perpolybag adalah Rp.1500,- perpolybag ambil sendiri di Singorojo, Boja Semarang Barat.

Alat Penyulingan

Penyulingan digunakan setelah panen (8 bulan kedepan ) dapat dibuat sendiri alat sederhana penyulingan mini menggunakan :

  1. filament pemanas (listrik 450 watt) 2 buah
  2. Ember Plastik besar sebanyak 5 buah yang akan digunakan sebagai boiler, pasu uap, pendingin

dan penampung minyak dan floral water.

  1. Pipa aluminium 5/8 dan ¾ inc masing2 3 pipa untuk saluran uap dan radiator pendingin. Elbow

dan lem

  1. Toolset
  2. Besi plat 2 inc siku untuk sasis destilator sebanyak 8 batang
  3. Baut mur dan klem.
  4. Mesin cultivator mini.
  5. Gerigen penampung minyak nilam.

 

Lampiran

Alat suling sederhana

Peralatan untuk menyuling nilam dapat kita buat sendiri  dengan sederhana dan murah namun menghasilkan mutu minyak yang baik. Peralatan suling terdiri dari tuga peralatan pokok yaitu Boiler Pasu penguap atau dandang dan pasu pengembun atau radiator sementara selang plastik tahan panas pipa aluminium 3/4” dan 5/8” Autovalve dan thermostat juga dapat dipasang jika diperlukan otomatisasi

alatsuling2alatsulingsederhana1.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s